Analisis Miskonsepsi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pecahan Berdasarkan Kerangka Kerja Asimilasi dan Akomodasi di MTsN 4 Kerinci

  • Eltati Tri Aldianisa Universitas Jambi
  • Nizlel Huda Universitas Jambi
  • Muhammad Haris Effendi-Hsb Universitas Jambi
Keywords: Miskonsepsi, Pemecahan, Asimilasi dan Akomodasi

Abstract

Miskonsepsi sering terjadi pada siswa yang memiliki konsep awal yang kurang lengkap atau tidak sempurna menyulitkan siswa dalam mengasimilasi informasi baru ke dalam struktur konseptual mereka yang sudah ada. Bertujuan untuk mengetahui proses terjadinya miskonsepsi pada siswa dalam menyelesaikan soal pecahan berdasarkan kerangka kerja asimilasi dan akomodasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, penelitian ini berlandaskan studi kasus. Studi kasus berfokus pada program, acara, atau kegiatan yang melibatkan individu dari pada kelompok. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 4 pada Februari 2021-Maret 2021, subjek dalam penelitian ini siswa MTsN 4 Kerinci. Teknik pengambilan subjek menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian adalah peneliti itu sendiri, karena peneliti memiliki kedudukan yang khusus, yaitu sebagai perencana, pelaksana pengumpulan data, analisis, penafsiran data, serta pelopor hasil penelitian. Instrumen lainnya tes materi pecahan dan wawancara tidak terstruktur. Teknik analisis data meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) serta penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing/ verification). Kesimpulan dalam penelitian ini terjadi miskonsepsi siswa dalam menyelesaikan soal materi pecahan berdasarkan kerangka kerja asimilasi dan akomodasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akdeniz, A. R., Bektaş, U., & Yiğit, N. (2000). The 8th grade students’ levels of understanding of the introductory physics concepts. Hacettepe University Journal of Education, 19, 5–14.

Alghazo, Y. M., & Alghazo, R. (2017). Exploring Common Misconceptions and Errors about Fractions among College Students in Saudi Arabia. International Education Studies, 10(4), 133–140.

Amien, M. (1990). Pemetaan Konsep Suatu Teknik untuk Meningkatkan Belajar yang Bermakna. Mimbar Pendidikan, 2(9), 55–69.

Ausubel, D. P., Novak, J. D., & Hanesian, H. (1968). Educational psychology: A cognitive view.

Creswell, J. W. (2002). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative. Prentice Hall Upper Saddle River, NJ.

Fidan, N. (1986). Okulda öğrenme ve öğretme.

Kaasila, R., Pehkonen, E., & Hellinen, A. (2010). Finnish pre-service teachers’ and upper secondary students’ understanding of division and reasoning strategies used. Educational Studies in Mathematics, 73(3), 247–261.
Kemendikbud. (2012). Kemampuan Matematika Siswa SMP Indonesia.

Maulana, P. (2010). Usaha mengurangi terjadinya miskonsepsi fisika melalui pembelajaran dengan pendekatan konflik kognitif. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(2).

Meşeci, B., Tekin, S., & Karamustafaoğlu, S. (2013). Maddenin tanecikli yapisiyla ilgili kavram yanilgilarinin tespiti. Dicle Üniversitesi Sosyal Bilimler Enstitüsü Dergisi, 9, 20–40.

Moleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif (ketigapulu). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Subanji & Nusantara, T. (2016). Thinking Process of Pseudo Construction in Mathematics Concepts. International Education Studies, 9(2), 17–31.

Subanji, R., & Supratman, A. M. (2015). The pseudo-covariational reasoning
thought processes in constructing graph function of reversible event dynamics based on assimilation and accommodation frameworks. Research in Mathematical Education, 19(1), 61–79.

Suparno, P. (2013). Miskonsepsi & perubahan konsep dalam pendidikan fisika. Gramedia Widiasarana.

Thompson, F., & Logue, S. (2006). An exploration of common student misconceptions in science. International Education Journal, 7(4), 553–559.
Published
2021-08-01
How to Cite
Aldianisa, E., Huda, N., & Effendi-Hsb, M. (2021). Analisis Miskonsepsi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pecahan Berdasarkan Kerangka Kerja Asimilasi dan Akomodasi di MTsN 4 Kerinci. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2141-2151. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.737
Share |

Most read articles by the same author(s)