Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel yang Ditinjau dari Tipe Kepribadian Keirsey

  • Rifni Anjani Universitas Jambi
  • Damris M Universitas Jambi
  • Kamid Kamid Universitas Jambi
Keywords: Proses Berpikir, Pemecahan Masalah, Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel, Tipe Kepribadian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah matematika materi sistem persamaan linear tiga variabel yang ditinjau dari tipe kepribadian Keirsey di kelas X IPA1 SMA Negeri 2 Muaro Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 2 siswa dari setiap tipe kepribadian guardian, artisan, rational, dan idealist. Metode pengambilan data adalah tes dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah angket tipe kepribadian Keirsey sebagai instrumen pemilihan calon subjek penelitian, lembar soal pemecahan masalah matematika pada materi sistem persamaan linear tiga variabel, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Cresswell. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap tipe kepribadian mempunyai proses berpikir yang berbeda. Tipe kepribadian guardian, artisan, dan idealist melakukan proses berpikir asimilasi dan abstraksi dalam memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, dan melaksanakan pemecahan masalah serta melakukan proses berpikir asimilasi dalam memeriksa kembali jawaban pada langkah pemecahan masalah Polya. Sedangkan tipe kepribadian rational melakukan proses berpikir asimilasi dan asbtraksi pada setiap langkah pemecahan masalah Polya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, M. D. A. (2019). Proses Berfikir Matematis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Keirsey. Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School, 2(2), 29-38.

Blake, B., & Tambara, P. (2008). Developmental Psychology: Incorporating

Piaget’s And Vygotsky’s Theories In Classrooms. Journal Of Cros-Disciplinary Pcrspective In Education.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.

Diana, N. (2013). Kreatifitas Siswa SMP Dalam Pemecahan Masalah Matematika Terbuka Ditinjau dari Gaya Belajar. Surabaya: Makalah Komprehensif No: 189 MKL. 13PPS UNESA.

Gray, E., & Tall, D. (2007). Abstraction as a Natural Process of Mental C o m p r e s s i o n. 19(2), 23–40.

Keirsey, D., & Bates, M. M. (1984). Please Understand Me: Character and Temperament Types. Del Mar, CA: Prometheus Nemesis Book Company., 210.

Moleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

NCTM. (2000). Principle and Standart for School Mathematics. Reston: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Nurlastyaningtyas, M. (2016). Profil Proses Berpikir Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Pythagoras Ditinjau Dari Gaya Belajar Dan Gaya Kognitif (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta). Naskah Publikasi.

Polya, G. (1973). How to solve it. New Jersey: Princeton Science Library. Princeton Science Library.

Ramalisa, Y. (2013). Proses berpikir kritis siswa SMA tipe kepribadian thinking dalam memecahkan masalah matematika. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(01)., Volume 03.

Retna, Milda., Lailatul Mubarokah, dan S. (2013). Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Matematika (The Student Thinking Process in Solving Math Story Problem). Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 1(2): 71-82.

Sabandar, J. (2009). Thinking Classroom Dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah. http://math.sps.upi.edu.

Suparno, P. (2001). Teori perkembangan kognitif jean piaget. Kanisius. Kanisius.
Published
2021-08-23
How to Cite
Anjani, R., M, D., & Kamid, K. (2021). Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel yang Ditinjau dari Tipe Kepribadian Keirsey. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2746-2755. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.835
Share |

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>