Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Powtoon pada Materi Aritmatika Sosial
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Powtoon pada materi aritmatika sosial di kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Developmment (R&D). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Tuntang yang berjumlah 15 orang peserta didik. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi, tes, dan angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, lembar kepraktisan, lembar keefektifan, dan lembar pendapat peserta didik. Hasil penelitian diperoleh, 1) rata-rata hasil analisis kevalidan yaitu 84,59% dengan kategori sangat baik, 2) rata-rata presentase lembar kepraktisan sebesar 95% dengan kategori sangat baik, 3) hasil dari uji Wilcoxon menunjukkan nilai kurang dari 0.05 sehingga H0 ditolak, maka terdapat perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah video pembelajaran berbasis Powtoon diterapkan. Maka media pembelajaran matematika berbasis Powtoon efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran materi aritmatika sosial, 4) rata-rata dari analisis lembar respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis Powtoon sangat baik, dengan perolehan presentase sebesar 81,19%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika berbasis Powtoon pada materi aritmatika sosial valid, praktis, dan efektif.
Downloads
References
Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 49–56. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534
Garsinia, D., Kusumawati, R., & Wahyuni, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Menggunakan Software Powtoon pada Materi SPLDV. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 3(2), 44–51. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v3n2.p44-51
Kurniawan, A., & Fitriani, N. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial. Journal on Education, 2(2), 225–232. https://doi.org/10.31004/JOE.V2I2.308
Ma’rifah, C., & Qohar, A. (2020). Keaktifan Siswa pada Penerapan Penggunaan Media Pembelajaran Papan Rotasi (Partasi) Materi Transformasi Geometri. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 5(4), 698. https://doi.org/10.28926/briliant.v5i4.525
Nurdiansyah, E., Faisal, E. el, & Sulkipani, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis PowToon pada Perkuliahan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1). https://doi.org/10.21831/jc.v15i1.16875
Nurhayati, A. S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1)(4), 54–66. http://194.59.165.171/index.php/APM/article/view/153/170
Rioseco, M., Paukner, F., & Ramírez, B. (2017). Incorporating Powtoon as a Learning Activity into a Course on Technological Innovations as Didactic Resources for Pedagogy Programs. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 12(06), 120. https://doi.org/10.3991/ijet.v12i06.7025
Rosiyanti, H., Eminita, V., & Riski, R. (2020). Desain Media Pembelajaran Geometri Ruang Berbasis Powtoon. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 77–86. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.24853/fbc.6.1.77-86
Sabilla, A. F., Irianto, S., & Badarudin. (2020). Pengembangan Media
Pembelajaran Matematika Materi Keliling dan Luas Bangun Datar Menggunakan Animasi Powtoon di Kelas IV SD Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3). https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.3951014
Shalikhah, M. (2019). Analisis Kesulitan Peserta Didik SMP Negeri 3 Pleret pada Materi Aritmatika Sosial. Academy of Education Journal, 10(01), 44–54. https://doi.org/10.47200/AOEJ.V10I01.270
Sudiarta, I. G. P., & Sadra, I. W. (2016). Pengaruh Model Blended Learning Berbantuan Video Animasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 49(2), 48. https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v49i2.9009
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Research and Development/ R&D). Bandung: Alfabeta
Ulya, I. F., Irawati, R., & Maulana. (2016). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 121–130. https://doi.org/10.23819/PI.V1I1.2940
Wisada, P. D., & Sudarma, I. K. (2019). Pengambangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140–146. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735
Copyright (c) 2022 Fera Fera Kusumawati, Danang Setyadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.