Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Android Pytha Fun untuk Teorema Pythagoras SMP

  • Yohanes Suhendi Pangestu Pendidikan Matematika UKSW
  • Danang Setyadi Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
Keywords: Pengembangan Media, Adobe Flash, Android

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang berupa aplikasi android pada materi teorema Pythagoras. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian yang digunakan adalah ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran aplikasi android yang dikembangkan valid. Persentase hasil validasi media sebesar 79,99% dan validasi materi sebesar 88,89%. Hasil uji coba produk menunjukkan bahwa media pembelajaran aplikasi android yang dikembangkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada materi teorema Pythagoras.

Kata kunci: Pengembangan Media, Adobe Flash, Android, Teorema Pythagoras

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adinawan, Sugiono. (2006). Matematika SMP Jilid 2A Kelas VIII. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama

Arsyad, (2002). Media Pembelajaran , Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Branch, RM, & Kopcha, TJ (2014). model desain pembelajaran. Dalam Handbook penelitian tentang komunikasi pendidikan dan teknologi

Daulay, Jamilah (2013). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Langsung Menggunakan Macromedia Flash 8 Pada Materi Teorema Pythagoras Di Kelas VIII Smp N 35 Medan Tahun Ajaran 2012/2013.
Undergraduate thesis, UNIMED.

Dr. Rusman, M.Pd. (2012). Belajar dan Pembelajaran berbasis Komputer, Bandung: Alfabeta.

Fahmi, S. (2014). Pengembangan Multimedia Macromedia Flash Dengan Pendekatan Kontekstual Dan Keefektifannya Terhadap Sikap Siswa Pada Matematika. Jurnal Agrisains, 5(2).

Feriatna, T., dkk (2017). Pengembangan Aplikasi Android Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Peluang Untuk Siswa SMA Kelas X. Lemma : Letters of Mathematics Education, 4(1).

Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 22-26. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujet/article/view/19336

Putriani, Deary, Waryanto, Nur Hadi (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Dengan Program Construct 2 Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Untuk Siswa Smp Kelas 8. S1 Thesis, Uny.

Rachmawati. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika Berbasis Pendidikan Karakter Dengan Software Adobe Flash Cs3 Pada Pokok Bahasan Teorema Pythagoras.

Rifai (2017). Pengembangan Media Puzzle untuk Pembuktian Teorema Pythagoras.

Wardana, Handoko Aji (2016). Pengembangan Multimedia Berbasis Aplikasi Adobe Flash Cc 2015 Pada Pembelajaran Tematik Integratif Subtema Manusia Dan Lingkungan Kelas V Di Sekolah Dasar. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Widyanto E dan Kurniasari I (2016). Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Adobe Flash Professional CS 6 pada Materi Teorema Pythagoras untuk Siswa Kelas VIII.

Winaldi, W., Roza, Y., & Maimunah, M. (2019). Desain Sumber Belajar Matematika Berbasis Aplikasi Android Pada Materi Perbandingan Trigonometri Segitiga Siku-Siku. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 513-524.

Yuliana, Pratiwi , Anwar (2018). Pengembangan Media Interaktif Matematika Berbasis Macromedia Flash.
Published
2020-05-05
How to Cite
Pangestu, Y., & Setyadi, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Android Pytha Fun untuk Teorema Pythagoras SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 113-125. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.177
Share |

Most read articles by the same author(s)