Pengembangan Media Board Game Jumanji Matematika pada Materi Bilangan Kelas VII SMP

  • Aldelia Manasika Putri Universitas Kristen Satya Wacana
  • Danang Setyadi Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
Keywords: pengembangan, board game, jumanji matematika, bilangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media board game jumanji matematika pada materi bilangan kelas VII SMP yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau reseacrh and development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP sebanyak 11 peserta didik. Media board game jumanji matematika telah melalui uji kevalidan yaitu menghasilkan persentase 79,67% dengan kategori sangat baik. Media ini juga diuji kepraktisan dengan persentase 88,75% dalam kategori sangat baik. Uji paired sample t-test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 kurang dari 0,05 dengan rata-rata posttest lebih baik dari pretest. Hal ini didukung dengan adanya hasil presentase respon peserta didik yang memperoleh persentase 94,88% dengan kategori sangat baik. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media board game jumanji matematika dinyatakan valid, praktis dan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja grafindo persada.

Johnson, D. A., & Rising, G. R. (1972). Guidelines for teaching mathematics. Wadsworth Publishing Company.

Lestari, P. (2018). Pengaruh Media Lotto Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Lambang Bilangan Anak Usia Dini 4-5 Tahun (Penelitian pada Siswa Taman Kanak-Kanak Mawar Putih Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purwore jo 2017/2018). Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

MARYATI, U. T. Y. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Lotto Angka dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Kelompok B TK AL-Fajar Pemengkan Kabupaten Cirebon.

PERDANA, R. A. Y. U. (2018). Pengembangan Media Pengayaan Berbasis Board Game Berupa Ticket To Ride Accounting Pada Materi Pokok Bahasan Akuntansi Piutang Pada SMK NEGERI SURABAYA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 6(3).

Prasetyo, A., & Wijaya, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Papan
Permainan “Jumanji Physics” Pada Pokok Bahasan Momentum Impuls Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Sma 17agustus1945 Surabaya. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-JOURNAL), 8, SNF2019 – PE.

Prayoga, K. S. (2019). Pengembangan Media Permainan Jumanji Untuk Pembelajaran Tematik Kelas V Sdn Sukolilo 01 Kecamatan Wajak. Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 3(1), 229–237.

Prihandoko, G. K., & Yunianta, T. N. H. (2021). Pengembangan Board Game “Labyrinth in the Forest” Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama Materi Bilangan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 578–590.

Pusat Penilaian Pendidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). (n.d.). Laporan Hasil Ujian Nasional. Retrieved January 29, 2020, from https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/#2019!smp!daya_serap!03&16&0018!T&03&T&T&1&!3!&

Ratnaningtyas, P. (2013). Efektivitas Teknik Self Contracting Dan Self Reinforcement Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V Sd N Pandes Wedi Klaten Tahun Ajaran 2013/2014.

Rifandi, A. (2013). Mutu pembelajaran dan kompetensi lulusan Diploma III Politeknik. Cakrawala Pendidikan, 5(1).

Sadiman, A. S. (2018). Media pendidikan : pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Depok : ,PT Rajagrafindo Persada 2018.

Sanaky, H. A. H. (2013). Media pembelajaran interaktif-inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Wahyuningsih, D., & Setyadi, D. (2020). Pengembangan Board Game †œZathura Mathematics†Pada Materi Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 46–55.

Zuhriyah, R. (2019). Pengembangan Game Jumanji Tiruan sebagai Media Pembelajaran PPKn pada Materi Kewenangan Lembaga-Lembaga Negara menurut UUD NRI Tahun 1945 bagi Peserta Didik Kelas X di MA Al Falah Bangilan Tuban. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 7(2).
Published
2022-07-14
How to Cite
Putri, A., & Setyadi, D. (2022). Pengembangan Media Board Game Jumanji Matematika pada Materi Bilangan Kelas VII SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 2086-2098. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.840
Share |

Most read articles by the same author(s)